APTEKINDO
Tahun 2010

COMPETENCY BASED ASSESSMENT SEBAGAI MODEL PENGUJIAN KOMPETENSI DI SMK

Yoyoh Jubaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2012

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di SMK perlu adanya kesepadanan atau kesesuaian dengandunia kerja (link and match), sehingga kompetensi peserta didik memenuhi tuntutan kompetensi dilapangan kerja. Untuk mengetahuai kesesuain tersebut, maka perlu dilaksanakan penilaian hasilbelajar atau uji kompetensi terhadap capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan tuntutankompetensi yang dibutuhkan lapangan kerja. Pengujian kompetensi di SMK pada dasarnyamerupakan bagian integral dari proses pembelajaran, yang perlu diarahkan untuk menilai kinerjapeserta didik dengan memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajarnya secaraberkesinambungan. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan secara langsung pada saat peserta didikmelakukan aktivitas belajar, maupun secara tidak langsung melalui bukti hasil belajar sesuai dengankriteria kinerja atau performance criteria. Oleh karena itu sistem penilaian untuk kelompok matapelajaran produktif menitikberatkan pada penilaian hasil belajar berbasis kompetensi atauCompetency Based Assessment.Kata Kunci : Penilaian, Kompetensi, Pengujian, SMK

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

APTEKINDO

Publisher

Subject

Education

Description

Prosiding Seminar Internasional Aptekindo (Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan ...