Abstrak – Teknologi komputer tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa saja, akan tetapi siswa yang duduk di bangku sekolah dasar pun layak untuk diperkenalkan pada teknologi komputer. Dalam kegiatan belajar mengajar teknologi komputer sangat berperan khususnya dalam mata pelajaran matematika dapat membantu siswa-siswi untuk lebih bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran matematika tersebut, dengan dibangunnya media pembelajaran interaktif matematika berbasis multimedia ini memungkinkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar lebih menarik dan tidak membosankan, oleh sebab itu dengan adanya media pembelajaran interaktif yang berbasis multimedia diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif matematika bagi Sekolah Dasar kelas 6 berbasis multimedia dan diharapkan untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu, metode pendataan yang terdiri dari, studi kepustakaan, observasi, wawancara, subyek penelitian dan metode pendekataan yang terdiri dari, analisis kebutuhan, perancangan, pemrograman, uji coba, dan implementasi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika bagi sekolah dasar kelas 6 berbasis multimedia dengan menggunakan macromedia flash 8 sebagai bahasa program. Media tersebut kemudian diujicobakan melalui komputer dan beberapa orang yang mengerti tentang media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan media yang dibangun telah dapat digunakan dengan baik serta dapat membantu proses belajar mengajar siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 6.Kata kunci : media pembelajaran interaktif matematika SD kelas 6, macromedia flash 8 ABSTRACT – Computer technology don’t can only be used by just adult, however student which sit in competent elementary school bench even also to be introduced at computer technology. In technological school activity of computer so central specially in mathematics subject can assist student to be more zeal for to follow the mathematics subject, woke up of media study of mathematics interaktif base on this multimedia enable in school activity in elementary school more interesting and don’t drag on, on that account with the existence of media study of interaktif being based on multimedia expected can assist to overcome the the problem. This research aim to make media study of mathematics interaktif to Elementary School class 6 being based on multimedia and expected to facilitate in course of school activity in school. Used Research methodologies divided to become two shares that is, data method which consist of, bibliography study, observation, interview, research subject and approach method which consist of, requirement analysis, scheme, program, test-drive, and implementation.This research yield media study of mathematics interaktif to class elementary school 6 being based on multimedia by using version macromedia flash 8.0 as programming language. The media then test-drive through computer and some one who understand about media study of interaktif base on multimedia. From result of test-drive can be concluded woke up by media have earned to be used better and also can assist process learn to teach Elementary School class student 6.Keyword : media study of Elementary School class mathematics interaktif 6, macromedia flash 8.
Copyrights © 2017