Abstrak : Transformasi pembelajaran dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan menambah minat belajar pada siswa, sehingga siswa dapat aktif dalam belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Penerapan media pembelajaran sebaiknya dikenalkan pada anak mulai usia dini, yaitu pada anak setingkat sekolah dasar. Potensi yang dimiliki agar dapat digali secara maksimal. SDN Dempelrejo masih menggunakan cara pengajaran konvensional, yakni guru menerangkan secara langsung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis permasalahan yang ada, dilakukan dengan wawancara terhadap guru dan siswa. Dari hasil analisis diambil kesimpulan, kemudian dirancang sistem yang sesuai dengan materi SD Kelas 3 tentang Gerak Benda. Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran berbasis multimedia pelajaran IPA bahasan Gerak Benda. Hasil penelitian dapat menjadi fasilitas bagi guru dalam menyampaikan materi dan siswa menjadi aktif dalam belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Gerak Benda, Multimedia. Abstract : Transforming learning using information and communication technology advances, can facilitate teachers to deliver materialand increase the students' interest in learning, so that students can be active in independent learning both at home and atschool. The application of instructional medium should be introduced to children from an early age, at the level of primaryschool. The potential to be explored to the fullest. SDN Dempelrejo still using conventional teaching, the teachers explaindirectly. The method used in this research is to analyze the existing problems, conducted with interviews with teachers andstudents. Conclusions drawn from the analysis, then the system is designed in accordance with the Class 3 SD material on object motion. Results from this study is the realization of the multimedia-based learning media discussion of the science lessons "motion objects". The results can be a facility for teachers in presenting the material andstudents become active in independent learning both at home and at school. Keywords: Learning Medium, Motion Objects, Multimedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012