KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol. 10 No. 2 (2021)

KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN SABLON UNTUK SMK

Gede Whidi Harta (Universitas Pendidikan Ganesha)
Dessy Seri Wahyuni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Saindra Santyadiputra (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran sablon kelas XI di SMK N 1 Sukasada. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI dan guru mata pelajaran sablon di SMK N 1 Sukasada. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Hasil penelitian untuk uji validitas didapat dari hasil perhitungan valiadasi dari uji ahli mendapatkan skor sebesar 1,00 dengan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Dan hasil rata-rata respon guru dan peserta didik untuk mendapatkan nilai kepraktisan media pembelajaran berbasis augmented reality sebesar 41,00 dan 60,41 dengan kriteria sangat praktis. Dan hasil rata-rata respon usability untuk mendapatkan nilai kepraktisan media pembelajaran berbasis augmented reality sebesar 41,29 dengan kriteria sangat praktis

Copyrights © 2021