Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model ICARE berbantuan permasalahan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa lembar aktivitas siswa (LAS). Jenis penelitian ini adalah design research yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respons siswa, angket respons guru, dan tes pemecahan masalah. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, telah memenuhi aspek kepraktisan dan telah memenuhi aspek keefektifan. Selain hal tersebut di atas, LAS yang dikembangkan memiliki beberapa karakteristik yaitu: (1) mampu membantu siswa untuk mengkonstruksi sebuah konsep; (2) permasalahan yang diberikan sesuai dengan kehidupan/lingkungan siswa; dan (3) memberikan variasi dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018