Pemahaman konsep geometri ruang mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha sangat dipengaruhi oleh desain pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan data tes awal diperoleh rata-rata pemahaman konsep sebesar 51,50% termasuk katagori kurang. Pengembangan bahan ajar geometri ruang berdasarkan model Van Hiele dan pendidikan karakter di perguruan tinggi dalam penelitian ini telah memenuhi aspek praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor lembar keterlaksanaan bahan ajar sebesar 3,54, rata-rata skor angket respons positif mahasiswa sebesar 93,55%, dan rata-rata skor angket respons dosen sebesar 3,80. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal; 2) desain; 3) realisasi/konstruksi; 4) tes, evaluasi, dan revisi; dan 5) implementasi. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi terbatas yaitu melakukan evaluasi dan revisi hingga diperoleh prototipe final bahan ajar melalui tahap uji coba terbatas.
Copyrights © 2019