Wahana Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 2 (2020): Oktober 2020

Desain Pembelajaran Aturan Sinus dan Cosinus dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

putu suri nadiana (Unknown)
Wayan Puja Astawa (Prodi S1 Pendidikan Matematika)
I Gusti Putu Suharta (Prodi S1 Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas dan strategi siswa dalam proses pembelajaran aturan sinus dan cosinus dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Pembelajaran ini menggunakan segitiga sebagai titik awal pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X MIA 1, 36 orang siswa kelas X MIA 3, dan 36 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Seririt. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain yang terdiri atas 3 tahapan, yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, Lembar Aktivitas Siswa (LAS), observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, rekaman video, dan foto kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus dengan pendekatan PMRI.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Wahana Matematika dan Sains merupakan jurnal yang menampung tulisan hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang MIPA atau pendidikan MIPA yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain. Tulisan bisa dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa ...