Wahana Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 2 (2020): Oktober 2020

KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS BAHAN AJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Made Juniantari (Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Undiksha)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pengantar dasar matematika berdasarkan model conceptual understanding procedures yang praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Pada tahun pertama, penelitian ini hanya sampai pada tahap tes, evaluasi, dan revisi yaitu melakukan validasi bahan ajar. Kepraktisan bahan ajar dapat dilihat dari rata-rata skor pengamatan keterlaksanaan bahan ajar, angket respons mahasiswa, dan angket respons dosen terhadap bahan ajar. Sedangkan efektivitas bahan ajar dapat dilihat dari rata-rata skor hasil tes pemahaman konsep mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar. Hasil ujicoba terbatas, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memiliki aspek sangat praktis digunakan sehingga efektif meningkatkan pemahaman konsep matematrika mahasiswa pada mata kuliah pengantar dasar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Wahana Matematika dan Sains merupakan jurnal yang menampung tulisan hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang MIPA atau pendidikan MIPA yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain. Tulisan bisa dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa ...