Media Komunikasi FPIPS
Vol. 17 No. 2 (2018)

PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD

I Putu Wira Dharma (Universitas Pendidikan Ganesha)
Nyoman Kusmariyanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
Dewa Nyoman Sudana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikankompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melaluimodel pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha dankelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalahquasi experiment dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent post-testOnly Control Grup Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDGugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yangterdiri dari 8 kelas dengan jumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitukelas IV SD Negeri 1 Bungkulan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5Bungkulan sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simplerandom sampling. Data dalam peneltian ini dikumpulkan dengan metode tes daninstrumen tes kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh kemudiandianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial (uji-t). Nilai rata-ratayang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 80,2 termasuk kategori sangattinggi sedangkan kelompok siswa di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rataadalah 73,58 termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antarakelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Numbered HeadTogether Berbasis Tri Kaya Parisudha dan kelompok siswa yang dibelajarkansecara konvensional. Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 17,73 danttabel = 2,021 sehingga didapatkan thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat simpulkanmodel pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudhaberpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDGugus IV kecamatan Sawan tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...