Media Komunikasi FPIPS
Vol. 18 No. 1 (2019)

Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn

I.M.E Gunawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.N. Murda (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.G. Margunayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antarakebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn siswakelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenispenelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan analisis regresi sederhanadan regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDGugus I Kecamatan Pupuan yang berjumlah 118 siswa dengan jumlah sampel91 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner kebiasaan belajar,kuisioner motivasi berprestasi dan pencatatan dokumen untuk data prestasibelajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn,dengan koefisien korelasi sebesar 0,671; 2) terdapat hubungan yang postif dansignifikan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn, dengan koefisienkorelasi sebesar 0,660; dan 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi denganprestasi belajar PKn, dengan koefisien korelasi sebesar 0,658. Berdasarkanhasil penelitian, disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dan motivasiberprestasi berhubungan dengan prestasi belajar PKn siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...