Thinking Skills and Creativity Journal
Vol. 2 No. 2 (2019): October

Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V

Alpriyani, I Dw. A. Novi (Unknown)
Ganing, Ni Nym (Unknown)
Kristiantari, M.G. Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi, pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi, serta pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Gugus II kecamatan Bangli Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: 1) Freg=54,590, 2) Freg=39,477 dan 3) Freg=37,719. Hasil dibandingkan dengan  Ftabel=3,914 yang berarti Freg > Ftabel, maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi dengan kontribusi sebesar 29,6%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi dengan  kontribusi sebesar 23,3%, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Bangli  dengan kontribusi sebesar 36,9%. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasi, dan keterampilan menulis narasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TSCJ

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Chemistry ...