Jurnal Mahasiswa TEUB
Vol 10, No 1 (2022)

OPTIMISASI PEMBAGIAN SUPLAI DAYA PADA PENYIMPAN ENERGI HIBRID BATERAI DAN SUPERKAPASITOR PADA KENDARAAN LISTRIK

Dary Rafi Brafianto (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 167 Malang, Jawa Timur)
n/a Wijono (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 167 Malang, Jawa Timur)
Tri Nurwati (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 167 Malang, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

ABSTRAKBaterai banyak digunakan pada kendaraan listrik sebagai unit penyimpanan energi karena memiliki kapasitas penyimpanan energi yang besar. Kelemahan umum dari baterai adalah memiliki kerapatan daya yang kecil, usia pakai yang terbatas, dan harga yang relatif tinggi. Dikarenakan karakteristik drive cycle pada kendaraan listrik seringkali tidak konstan karena disebabkan proses charge-discharge berlebih sehingga mengakibatkan penurunan usia baterai. Penambahan sistem peyimpanan energi seperti superkapasitor saat ini diaplikasikan untuk mengatasi keterbatasan pemenuhan energi. Dikarenakan baterai dan superkapasitor memiliki karakteristik yang berbeda dalam beroperasi charging dan discharging, sistem manajemen energi yang tepat harus diterapkan. Metode cerdas untuk pembagian konsumsi energi pada baterai dan superkapasitor diusulkan pada penelitian ini. Fuzzy logic controller (FLC) digunakan untuk mengendalikan pembagian energi pada media penyimpanan energi hibrid untuk mendapatkan pembagian yang optimum. Manajemen energi disimulasikan pada kondisi normal, starting, dan pengereman. Parameter utama yang diperhatikan adalah kecepatan, arus, dan daya. Komponen-komponen pada kendaraan listrik meliputi baterai, superkapasitor, inverter 3 fasa, motor BLDC, dan driver motor (speed control) sebagai pengatur kecepatan dan mendukung adanya pengereman regeneratif. Simulasi tiap komponen dilakukan menggunakan perangkat lunak MATLAB simulink 2018b. Dari hasil pengujian FLC dapat membagi besarnya arus dan daya yang harus disuplai oleh baterai dan superkapasitor. Selain itu superkapasitor dapat menerima lonjakan arus dan daya. Dengan pengaturan tersebut diharapkan pembagian daya dapat dicapai nilai optimumnya.Kata Kunci— Baterai, Superkapasitor, Kendaraan Listrik, FLCABSTRACTBatteries are mostly used in electric vehicles for the energy storage unit because it has a large energy storage capacity. The disadvantages of the common battery are that it has a small power density, a limited service life, and a relatively high price. Due to the driving cycle characteristics of electric vehicles, which are often not constant, because an excessive charge-discharge process causes them, it decreases battery life. Additional energy storage systems such as the supercapacitor are recently applied to overcome energy fulfillment. Since the batteries and the supercapacitors have different characteristics in charging and discharging operation, a proper energy management system should be applied. A smart method to share the energy consumption to both batteries and supercapacitors is proposed in this research. A fuzzy logic controller (FLC) is applied to control the energy sharing for that hybrid storage system to get the optimal energy distribution. The energy management is simulated for the normal, starting, and braking operation. The main parameters considered in the simulation are speed, current, and power. Electric components include batteries, supercapacitors, 3-phase inverters, BLDC motors, and motor drivers. Drivers operate as regulators for the motor running and braking. The simulation uses MATLAB Simulink software. The simulation result shows that the FLC can successfully manage the energy sharing between the battery and supercapacitor. In addition, it is found that supercapacitors can accept large current and power surges. It also shows that the optimal value of energy-sharing in this hybrid storage is achieved.Keywords. Battery, Supercapacitor, Electric Vehicle, FLC

Copyrights © 2022