Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Pesona Dasar Vol.10 No.1 (April 2022)

Pengaruh Globalisasi terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia

Faishal Arif Hibatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Globalisasi dapat dijelaskan sebagai sebuah proses yang mana kejadian, kegiatan, dan keputusan pada salah satu bagian dunia, menjadi konsekuensi yang signifikan untuk individu dan masyarakat jauh. perumusan masalah pada penulisan artikel ini adalah “Bagaimana pengaruh dari perkembangan globalisasi terhadap pembangunan karakter para generasi muda bangsa Indonesia?”. Rumusan masalah ini diambil karena melihat sudah banyaknya perbedaan mulai dari teknologi, sikap, dan aktivitas dari anak muda zaman sekarang dengan 9 sampai 10 tahun ke belakang. perumusan masalah pada penulisan artikel ini adalah “Bagaimana pengaruh dari perkembangan globalisasi terhadap pembangunan karakter para generasi muda bangsa Indonesia?”. Rumusan masalah ini diambil karena melihat sudah banyaknya perbedaan mulai dari teknologi, sikap, dan aktivitas dari anak muda zaman sekarang dengan 9 sampai 10 tahun ke belakang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa era globalisasi ini memberikan banyak tantangan dan dampak negatif bagi pembangunan karakter generasi muda bangsa Indonesia, sehingga diperlukan usah yang semakin berkembang pula dalam membentuk karakter generasi muda bangsa Indonesia dengan tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar utama dalam pembentukan karakter karena merupakan identitas bangsa Indonesia. Pembentukan karakter tersebut dapat dimulai dari lingkungan keluarga, lalu lingkungan pendidikan, dan yang terakhir lingkungan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...