Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 19, No 1 (2022)

Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Dedy Ansari Harahap (Universitas Islam Bandung)
Dita Amanah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan memahami impulsive buying dalam proses keputusan pembelian konsumen dari penelitian-penelitian sebelumnya yang terbit dari berbagai artikel prosiding, jurnal, buku maupun tesis. Perilaku konsumtif konsumen berbelanja akan berdampak kepada penjual yang menyediakan produk berupa barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penjual harus tanggap dan responship dalam mengelola usahanya agar konsumen tetap berbelanja di tokonya. Sementara konsumen cenderung memiliki banyak pilihan dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya di sebuah toko. Keberhasilan pemasar mampu menjual produk pada konsumen sehingga konsumen merasa puas dan melakukan pembelian ulang adalah suatu keberhasilan strategi pemasaran dengan proses yang panjang bukan suatu kebetulan. Karena kesediaan pembeli untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk, bukan merupakan keputusan yang tiba-tiba, namun merupakan hasil dari proses evaluasi dari berbagai alternatif. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen belum tentu semuanya direncanakan, situasi dan kondisi dapat mendorong munculnya perilaku impulsif.  Oleh karena itu, pemahaman perilaku konsumen penting dikaji untuk mengetahui tingkat intensitas kemungkinan konsumen  berperilaku tertentu dalam memutuskan pembelian suatu produk bagi semua pelaku usaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...