Latar belakang : Perkuliahan dengan metode daring menjadi sarana utama sekaligus solusi agar tetap berlangsungnya proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19, khususnya dalam pembelajaran skills lab pada mahasiswa kedokteran yang membutuhkan praktik langsung agar tercapainya tujuan keterampilan klinik yang dibutuhkan, metode daring tidak sepenuhnya menguntungkan. Tujuan: Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner penilaian pembelajaran skills lab secara daring di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian ruang lingkup pendidikan dokter yang dilakukan pada bulan April 2020 - Februari 2021 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental, deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang didapatkan 86 sampel dengan teknik simple random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala likert dan analisa data uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS. Hasil : Uji validitas pada 46 butir pertanyaan pada kuesioner didapatkan hasil sebanyak 13 pertanyaan dinyatakan tidak valid karena memiliki nilai rhitung < rtabel sebesar 0,276. Hasil uji reliabilitas kuesioner penelitian ini memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,920 dengan interpretasi sangat tinggi. Kesimpulan : Hasil penelitian uji validitas berupa pertanyaan yang dinyatakan valid sebanyak 33 butir pertanyaan dan hasil uji reliabilitas kategori reliabilitas sangat tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022