Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN DI KODYA DEPOK

Tuti Hartati (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta Kampus UI Depok 16425)
Kadunci Kadunci (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta Kampus UI Depok 16425)
Lenny Brida (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta Kampus UI Depok 16425)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2014

Abstract

Abstrak Kegiatan penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Pelayanan Terhadap Keputusan nasabah pegadaian di Wilayah Kodya Depok, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data yang diperoleh kemudian diolah, ditaksirkan, dan disimpulkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan instrument pengumpul data berupa kuesioner (skala Likert). Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Antara Pelayanan(Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian di Kodya Depok, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan (Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) merupakan faktor-faktor determinan terhadap kepuasan nasabah pegadaian di Kodya Depok. Dengan kata lain, bagi manajemen Perum Pegadaian Depok diharapkan dapat meningkatkan variabel pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen., agar kepuasan nasabah pegadaian meningkat. Berdasarkan hasil analisis koefisien paarsial, maka kekuatan korelasi parsial yang paling baik adalah korelasi antara factor emphaty terhadap kepuasan nasabah di Kodya Depok. Dengan kata lain variable emphaty paling menonjol dibandingkan 4 variabel lainnya, yaitu: Responsivness, Faktor Reliability, Faktor Assurance, Faktor Tangibles. Key word: Responsivness, Reliability, Assurance, Faktor Emphaty, Tangibles, regresi linier berganda

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ...