Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DI SEKOLAH

Medlin Lumban Gaol (Universitas Dharmas Indonesia)
Ratnawati Ratnawati (Universitas Dharmas Indonesia)
Fitri Handayani (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tema 8 di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA tema 8 di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 06 Sitiung Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Dan sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis melalui SPSS 20 pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengaruh Time Token memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari perolehan rata-rata nilai pre-test dan post-test yang diperoleh dari siswa kelas V dengan perolehan rata-rata The rata-rata pre-test adalah 66 dan post-test adalah 77. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh nilai signifikansi model pembelajaran Time Token.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...