Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis bahasa Arab di Prodi PBA STAIN Kudus, 2) mengidentifikasi bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus, 3) mengidentifikasi hambatan mahasiswa dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan human instrument sebagai instrumen utama. Dalam pelaksanaannya, peneliti juga menggunakan instrumen bantu seperti pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan ceklis kesalahan tulis mahasiswa.Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain 1) Realitas pembelajaran menulis Arab telah sesuai dengan tahapan pembelajaran yakni pra menulis, penulisan, dan pasca penulisan, 2) Peta bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama secara berurutan adalah tarkiib washfi 23,3 %, tarkiib idlafiy 20 %, tarkiib isnaadiy 16,7 %, dan tarkiib ‘adadiy 13,3 %, adapun sisanya sebesar 26,7 % adalah kendala dalam diksi yang memuat beberapa kategori morfologi. 3) Hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar kitabah dapat berupa hambatan psikologis, hambatan pedagogis, dan hambatan linguistis.
Copyrights © 2018