Jurnal Kultur Demokrasi
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Kultur Demokrasi

Pengaruh Pola Komunikasi Guru Terhadap Penguatan Civic Confidence Peserta Didik Kelas XI

Zeli Mona Duna (Unknown)
Yunisca Nurmalisa (Unknown)
Rohman Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2020

Abstract

The aim of this study was to find out the effect of teachers communications patterns toward civic confidence reinforcement of eleventh grade students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The method use was descriptive with quantitative approach. The eleventh grade students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah were the subject of this study. The result showed that there was a significant influence between the patterns and the civic confidence reinforcement of the students with 6% of the less influential category, 43% of the moderately influential category, and 51% of the influential category. Moreover, in the development of the civic confidence , 6% was categorized as unfavorable, 41% was as quite enough, and 53% was in the good category with 0.61 of the result for proximity influence analysis which showed a strong proximity of the effect of the patterns toward the reinforcement. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dengan persentase 6% termasuk dalam kategori kurang berpengaruh, 43% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh, dan 51%  termasuk dalam kategori berpengaruh. Dalam pengembangan civic confidence dengan persentase 6% termasuk dalam kategori kurang baik, 41% termasuk dalam kategori cukup baik dan 53% termasuk dalam kategori baik, serta memililki hasil uji keeratan pengaruh sebesar 0.61 yang menunjukkan keeratan kuat antara pengaru pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik.Kata Kunci: Civic Confidence. Komunikasi Guru, Pola Komunikasi

Copyrights © 2020