Sebagai media pendukung siswa dalam belajar, bahan ajar memegang peranan yang sangat penting. Bahan ajar merupakan sumber belajar yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karenanya, bahan ajar hendaklah memiliki kualitas yang baik. Baik tidaknya kualiatas bahan ajar sangat menentukan mutu pembelajaran. Bahan ajar berkualitas tentunya dibuat dan dikembangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa. Artikel ini menyajikan pelatihan pengembangan bahan ajar keterampilan membaca (reading skills) yang dilakukan kepada guru bahasa Inggris  di selingkupan Madrasah Aliya (MA) Kota Bengkulu. Menimbang siswa MA memiliki kebutuhan yang tidak dapat disamakan dengan siswa sekolah menengah umum lainnya, pelatihan ini menitik beratkan pada pengembangan bahan ajar keterampilan membaca Bahasa Inggris yang berbasis kebutuhan siswa MA, yakni bahan ajar yang melibatkan konten kultur dan/ atau nilai nilai yang ada pada keseharian siswa di lingkungan madrasah.  Salah satunya yakni nilai nilai keislaman. Terdapat tiga aspek nilai nilai keislaman yang difokuskan dalam pengembangan bahan ajar ini, diantaranya nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Ketiga nilai nilai inilah yang dicoba untuk diintegrasikan ke dalam teks reading pada produk pengembangan bahan ajar berbasis keislaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021