Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang
Vol 2, No 1 (2022)

Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) terhadap Kreativitas Siswa: Analisis Bibliometrik

Rida Widiawati (Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia)
Anna Permanasari (Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia)
Didit Ardianto (Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pentingnya pengaruh pembelajaran dengan pedekatan STEM terhadap kreativitas merupakan pembelajaran yang baik karena kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM mampu meningkatkan kreativitas siswa secara langsung karena mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif secara konsisten. Oleh karena itu, pembelajaran dengan pendekatan STEM merupakan alternatif kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan dasar yang dibutuhkan di abad ini terutama  dalam pendidikan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM).tujuan dari makalah ini adalah memberikan tinjauan literature bibliometric yang luas tentang pengaruh metode stem dalam meningkatkan kreativitas siswa.Artikel yang diambil yaitu dari Publish or Perish (PoP) sebanyak 100 artikel yang telah  ditemukan dari data base Google Scholar mulai dari tahun 2016 hingga 2021 yang dianalisis dalam penelitian ini ,keseluruhan data artikel atau referensi yang terpilih kemudian dikelola menggunakan software VOSviewer ,tujuan menggunakan VOSviwer adalah untuk melihat titik referensi yang tepat untuk penelitian selanjutnya tentang “STEM,Creativity”. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpig

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang publishes research articles in the field of education especially in the Indonesia ...