Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 3 No 1 (2022): April

Implementasi Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar

Ariza Feliyawati (Universitas Negeri Surabaya)
Wahono Widodo (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap proses dan hasil belajar siswa. Desain pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest desain. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-J sebanyak 31 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa metode observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian ini meliputi instrumen keterlaksanaan pembelajaran, pengamatan sikap, tes hasil belajar, pengamatan keterampilan, dan angket respons. Analisis data menggunakan teknik analisis N-Gain, uji normalitas, dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran mendapat kategori sangat baik dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Hasil uji normalitas mendapatkan hasil normal dan uji-t berpasangan mendapat perbedaan sehingga hasil belajar meningkat dengan kategori sedang. Hasil penelitian membuktikan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kalor dan perpindahannya mampu untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...