Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Peran Rumah Singgah Dalam Meningkatkan Self-Esteem Anak Jalanan : Literature Review

Achmad Dzikril Ridhotulloh Dzikril (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Kehadiran anak jalanan merupakan hal yang lumrah di kota besar namun bukanlah pilihan yang diinginkan, hal tersebut harus mereka terima karena sejumlah alasan. Mereka terdiri dari usia 7 sampai 18 tahun dengan menghabiskan sebagian waktunya di jalan untuk mencari nafkah. Sehingga citra anak jalanan dipandang rendah oleh masyarakat, hal tersebut memunculkan permasalahan baru berupa hak yang tidak mereka dapatkan seperti pendidikan. Padahal negara sudah menjamin bahwa setiap anak berhak atas pendidikan agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul. Ketidak terpenuhinya hak membuat anak jalanan memiliki harga diri rendah sehingga kurangnya mengetahui potensi yang di milikinya dan kehilangan orientasi dalam menghadapi realitas. Dengan bantuan dari pemerintah dan masyarakat, hadirlah rumah singgah yang bertujuan memperbaiki taraf hidup anak jalanan. Sehingga perlu di lakukan pemberdayaan lebih agar anak jalanan dapat mewujudkan cita-cita mereka. Hadirnya rumah singgah ini memberikan banyak edukasi terhadap anak jalanan sehingga mereka mulai mengetahui potensinya yang dimilikinya. Dalam proses analisis penelitian menggunakan systematic riview dengan data yang diperoleh melalui studi literatur dengan referensi yang bersumber dari jurnal ilmiah. Hasil penelitian literature riview menunjukkan bahwa adanya peningkatan self esteem pada anak jalanan di dalam rumah singgah. Sehingga anak jalanan dapat mengetaui potensinya dan memiliki pandangan masa depan yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...