Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2022)

Pengaruh penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika siswa

Reni Angraeni (Unknown)
Andi Husniati (Unknown)
Abdul Gaffar (Unknown)
Zulfahmi Mustapa. R (Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 May 2022

Abstract

Absrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs. Desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 4 Bantaeng yang berjumlah 22 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran diketahui pula berdasarkan hasil perhitungan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh:  dan  maka  lebih besar dari pada  sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Bantaeng, artinya penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan scientific ini memberikan pengaruh positif yang signifikan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video, Pendekatan Scientific.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...