Wahana Didaktika
Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi

Ayu Destari (Ayu)
Eni Heldayani (Universitas PGRI Palembang)
Siti Asiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi di MA Nurul Iman Ujung Tanjung, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, materi yang digunakan tetang posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen berupa pembuatan peta perbatasan laut Indonesia dengan 10 negara tetangga dibuat perindividu yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, pada kelas kontrol hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 68,25. analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 19,09 > ttabel = 1,664 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di MA Nurul Iman Ujung Tanjung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...