Jurnal Bakti Saraswati
Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Bakti Saraswati (JBS) : Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks

METODE SINERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH

Ninik Kristantini (SMA Negeri 4 Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS2semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasardengan menggunakan metode sinergetic teaching dalam proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS2 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil yang diperoleh di analisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 70,22 dengan ketuntasan belajar 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 73,53 dengan ketuntasan belajar 63,89% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 82,47 dengan ketuntasan belajar 97,22%. Data tersebut menuntut peneliti untuk membuat simpulan bahwa penggunaan metode sinergetic teaching dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa di kelas XI IPS2semester IItahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baktisaraswati

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bakti Saraswati Berfokus pada publikasi hasil-hasil penelitian, baik penelitian murni maupun terapan dan ulasan (review) penerapan IPTEKS bagi masyarakat, serta pemikiran-pemikiran kritis ...