Penelitian ini berjudul Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Dasar pemikiran yang melatar belakangi penelitian ini adalah sekolah Islam terpadu Izzuddin merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang banyak diminati oleh masyarakat, untuk masuk ke SMP Izzudin mengikuti tahapan secara ketat, baik mulai dari administrasi, seleksi dan tes semuanya diawasi secara ketat. Selain itu SMP Izzuddin tetap bertahan dan mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya, selalu menambahkan fasilitas belajar dan membangun gedung baru dikarenakan setiap tahunnya jumlah siswa baru selalu bertambah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana manajemen pemasaran pendidikan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Manajemen pemasaran pendidikan di SMP IT Izzuddin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, informan pokok adalah bagian marketing SMP Izzuddin, dan informan pendukung adalah kepala sekolah, dan koordinator TU. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi, Kemudian menggunakan triangulasi Adapun hasil penelitian ini adalah Manajemen pemasaran pendidikan di SMP IT Izzuddin Palembang. Pemasaran pendidikan yang dilakukan di SMP IT Izzuddin sudah baik, mulai perencanaan, yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan sekolah, penentuan calon siswa dengan sistem seleksi yang ketat. Pelaksanaan pemasaran juga dilaksanakan dengan baik, melalui produk yang ditawarkan oleh sekolah ke masyarakat, promosi dilakukan dengan cara online dan offline, tempat dilengkapi sarana prasarana pembelajaran yang memadai, harga sangat tinggi akan tetapi tidak mengesampingkan kualitas SMP Izzuddin, tenaga pendidik memiliki kompetensi sesuai dengan pendidikan yang dibutuhkan oleh sekolah. Evaluasi sebelum dan sesudah penerimaan siswa baru. Adapun Faktor pendukung dalam pemasaran pendidikan adalah tenaga pemasaran, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Faktor penghambat bisa dari tenaga pendidik dan kependidikan, rendahnya komunikasi, bersaing dengan lembaga pendidikan lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021