Publikasi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2016)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DI KELAS VI SDN IV KOTA PAREPARE

Ritha Tuken (UPP PGSD Parepare Fakultas Ilmu Pendidikan UNM)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing dalam meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VI SDN IV Kota Parepare. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe role playing dan fokus hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian dilaksanakan di SDN IV Kota Parepare dengan subjek adalah guru dan siswa kelas VI SDN IV Kota Parepare yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan.  Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Hasil belajar yang diperoleh dari taraf keberhasilan siswa yang tuntas mencapai KKM sekolah, yang cenderung mengalami peningkatan, berturut-turut: siklus I, kualifikasi cukup, dan siklus II, kualifikasi baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas VI SDN IV Kota ParepareKata Kunci: hasil belajar, metode role playing

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...