Tulisan ini diawali dengan munculnya permasalahan dalam perpustakaan sekolah tentang peran tenaga perpustakaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini mengungkapkan peran tenaga perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan ‘jantung’ sekolah. Perpustakaan sekolah berperan sebagai organisasi yang membantu proses belajar mengajar di sekolah. Untuk tercapainya tujuan itu, perpustakaan sekolah memerlukan tenaga perpustakaan yang mahir dan berkompeten untuk mendukung proses pembelajaran. Peraturan mengenai perpustakaan sekolah telah dikeluarkan, tenaga perpustakaan sekolah harus memiliki kompetensi yang telah di dikeluarkan oleh pemerintah dan organisasi kepustakawanan. Selain itu, tenaga perpustakaan perlu mengikuti beberapa pelatihan yang diadakan oleh organisasi kepustakawanan agar dapat meningkatkan kompetensi dalam mengelola perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini masih terdapat kekurangan pada kinerja dan penerapan peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah pada perpustakaan sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Oleh karena itu penulis melihat perlunya peningkatan pada kinerja tenaga perpustakaan sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian Ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan tenaga perpustakaan untuk mencapai tujuan sekolah dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena tertentu secara mendalam dan terperinci. Peneliti mengumpulkan dokumen tertulis dan melakukan observasi di lapangan serta melakukan wawancara dengan pihak terkait seperti tenaga perpustakaan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.
Copyrights © 2021