Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 2 No. 1 (2022): April : Jurnal Ilmu Pendidikan

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDK 093 MAUMERE IV

Antonia Lewe (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pendidikan agama katolik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI SDK 093 Maumere IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tergolong dalam kategori sangat baik dan mampu memicu keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa meningkat karena siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...