Indonesia mempunyai misi untuk menjadi negara maju pada tahun 2025. Meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan misi tersebut. Pendidikan entrepreneurship di Indonesia masih kurang dan jauh tertinggal dari negara-negara lain, sehingga diperlukan pengenalan tentang pendidikan kewirausahaan dengan cara yang menyenangkan agar tercipta pola pikir generasi muda di Indonesia untuk berwirausaha. Film terutama yang diambil dari kisah nyata seperti film Terbang Menembus Langit dapat menumbuhkan sikap kewirausahaan yang positif dan memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk berwirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana representasi pesan inspiratif pada film Terbang Menembus Langit dalam menumbuhkan nilai entrepreneurship. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui representasi pesan inspiratif film Terbang Menembus Langit dalam menumbuhkan  nilai entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang dengan cara memilih tanda, adegan dan dialog pada film yang sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan. Hasil analisis pada penelitian diperoleh bahwa representasi pesan inspiratif bagi generasi muda di Indonesia dari makna denotatif dalam film Terbang Menembus Langit adalah nilai entrepreneurship berupa nilai (1) percaya diri, (2) kreatif dan inovatif, (3) ketahanan fisik dan mental, (4) berani mengambil resiko, (5) kepemimpinan, (6) orisinalitas dan (7) orientasi tugas dan hasil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022