Keberhasilan pelaksanaan sistem tata pamong yang baik dipengaruhi oleh pemimpin yang mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lembaga melalui pengelolaan tata pamong di MIN 1 Kendal. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitia menunjukka bahwa tata pamong MIN 1 Kendal diarahkan untuk menjaga efektifitas, efisiensi, dan produktivitas pewujudan visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan madrasah. Selain itu, juga berprinsip pada 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladan. Kepala MIN 1 Kendal dalam melaksanakan kepeimpinannya harus mampu untuk melakukan penilaian atau evaluasi, dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian rencana dengan realitas melalui eksplorasi pertanyaan-pertanyaan.
Copyrights © 2022