Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 7, No 1 (2022)

PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

Ngatijo Ngatijo (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi, Jambi,)
Intan Lestari (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi, Jambi,)
Wayan Angga Dewi (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi,)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini telah dilaksanakan pada kelas XI IPA SMAN 1 Bayung Lencir. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sumber data berasal dari angket motivasi, soal test keterampilan proses sains, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analysis of variance (ANOVA dua jalur). Hasil penelitian menunjukkan, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid, begitu juga dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil nilai test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penilaian lembar observasi juga menunjukkan rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan yang didapat adalah terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid dan terdapat interaksi antara model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...