EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

Kesalahan Menggambar Grafik Fungsi Cosinus

Yayan Eryk Setiawan (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menggambar grafik fungsi cosinus beserta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 7 mahasiswa program studi pendidikan matematika di salah satu perguruan tinggi di kota Malang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil pekerjaan mahasiswa dan transkrip hasil wawancara dengan subjek penelitian. Analisis data hasil pekerjaan mahasiswa dilakukan dengan menglasifikasikan kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan. Analisis data transkrip wawancara dilakukan dengan mengodekan kata-kata yang menunjukkan faktor penyebab kesalahan dalam menggambar grafik fungsi cosinus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menggambar grafik fungsi cosinus terdiri dari kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan fakta. Kesalahan konsep terjadi karena kesalahpahaman terhadap konsep yang berkaitan dengan fungsi cosinus. Kesalahan prosedur terjadi saat menggunakan cara translasi dalam menggambar grafik fungsi cosinus. Kesalahan fakta dikarenakan kurang memperhatikan informasi yang ada dalam soal. Kata kunci: trigonometri, grafik fungsi cosinus, kesalahan konsep, kesalahan prosedur, kesalahan fakta. Abstract: The purpose of this study is to describe the errors of the first semester students in drawing the graph of the cosine function and the factors that cause it. This research method uses qualitative research with a case study approach to 7 students of the mathematics education study program in one of the universities in Malang city. The data collected in this study were in the form of student work and transcripts of interviews with research subjects. Data analysis of student work is done by classifying errors based on the types of errors. Analysis of interview transcript data was carried out by coding words or sentences indicating the factors causing errors in drawing the graph of the cosine function. The results showed that the first semester students' errors in drawing the graph of the cosine function consisted of misconception, procedural errors, and factual errors. Misconception occurs due to a misunderstanding of the concepts related to the cosine function. A procedural error occurred when using the translation method to graph the cosine function. Factual errors are caused by not paying attention to the information contained in the questions. Keywords: trigonometry, a graph of the cosine function, misconception, procedural error, factual error.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...