Publika
Vol 7 No 4 (2019)

EFEKTIVITAS APLIKASI MY PELINDO DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA

ACHMAD ZAKARIYA (Unknown)
FITROTUN NISWAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS APLIKASI MY PELINDO DALAM MENINGKATKANKINERJA PEGAWAI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA Nama : Achmad ZakariyaNIM : 15040674080Jurusan : Administrasi PublikProgram Studi : S1 Ilmu Administrasi NegaraFakultas : Ilmu Sosial dan HukumUniversitas : Universitas Negeri SurabayaDosen Pembimbing : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP., Aplikasi my pelindo merupakan bentuk fasilitas kerja dari PT. Pelabuhan IndonesiaIII (Persero) untuk para pegawai, yang bertujuan untuk memudahkan para pegawai dalammelakukan aksi dan menerima informasi melalui fitur-fitur yang ada. Dengan adanyaaplikasi my pelindo pegawai menjadi lebih muda dalam melakukan presensi, vote,menerima berita, mengisi kuisioner, SMKI dan sebagainya sehingga mampumemberikan motivasi semangat kerja yang berdampak pada peningkatan kinerjapegawai. Aplikasi my pelindo merupakan wujud realisasi Perdir No. 96/0S.0102/P.III2014tentangKebijakanTataKelolaTeknologiInformasiDiLingkunganPT.PelabuhanIndonesiaIII (Persero) yang dilaksanakan dalam program kerja Divisi TeknologiInformasi yang masuk kedalam Enterprise Empowerment yaitu pengembangan sistemaplikasi korporat sebagai single centralized application untuk mendukung proses bisnispendukung (SDM, Keuangan, Locking, Corporate Mobile Service) di kantor pusat sertacabang. Sehingga dapat memudahkan dan memberikan pelayanan yang terstandardisasiserta meningkatkan kenyamanan bagi pegawai, traceability dan auditability. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas aplikasi my pelindodalam meningkatkan kinerja pegawai PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) CabangTanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif denganmenggunakan indikator efektifitas menurut Tangkilisan (dalam, Maeyasari 2012 :19)yang terdiri dari 4 indikator yaitu pencapaian target, kemampuan beradaptasi, kepuasankerja dan tanggungjawab. Dalam penelitian ini terdapat 82 responden dari jumlah 448populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner sebagaiinstrumen penelitian yang kemudian hasil dari penyebaran kuisioner dianalisismenggunakan metode penelitian dengan jenis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanpenerapan aplikasi my pelindo di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang TanjungPerak Surabaya dinyatakan sudah berjalan efektif, dengan rincian skor persentaseindikator efektivitas yang pertama yaitu pencapaian target sebesar 84,6% kategori sangatefektif, indikator yang kedua kemampuan berdadaptasi sebesar 82,6% kategori efektif,indikator yang ketiga kepuasan kerja sebesar 78,9% kategori efektif adan indikator yangkeempat yaitu tanggungjawab sebesar 79,3% kategori efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi My Pelindo, Kinerja xii xiii ABSTRACT EFFECTIVENESS OF MY PELINDO APPLICATION IN IMPROVINGPERFORMANCE OF EMPLOYEES PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) TANJUNG PERAK BRANCH SURABAYA Name : Achmad Zakariya NIM : 15040674080Department : Public AdministrationProgram of Study : S1 Public AdministrationFaculty : Social Sciences and LawUniversity : Surabaya State UniversityAdvisor : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP., My Pelindo application is a form of work facility from PT. Pelabuhan IndonesiaIII (Persero) for employees, which aims to make it easier for employees to take actionand receive information through existing features. With the application of my pelindoemployees become younger in attendance, vote, receive news, fill out questionnaires,ISMS and so on so as to provide motivation to work morale which has an impact onimproving employee performance. My Pelindo application is a manifestation of PerdirNo. 96 / 0S.0102 / P.III-2014 concerning Information Technology Governance Policiesin PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) which is implemented in the InformationTechnology Division work program that is incorporated into the EnterpriseEmpowerment, namely the development of a corporate application system as a singlecentralized application to support supporting business processes (HR, Finance, Locking,Corporate Mobile Service) at headquarters and branches. So that it can facilitate andprovide standardized services and increase comfort for employees, traceability andauditability. The purpose of this research is to measure the effectiveness of my pelindoapplication in improving the performance of employees of PT. Pelabuhan Indonesia III(Persero) Tanjung Perak Branch Surabaya. The type of research used is quantitative byusing indicators of effectiveness according to Tangkilisan (in, Maeyasari 2012: 19)which consists of 4 indicators namely achievement of targets, adaptability, jobsatisfaction and responsibility. In this study there were 82 respondents from 448populations. The method of data collection in this study uses a questionnaire as a researchinstrument which then results from the distribution of questionnaires analyzed usingquantitative research methods. The results of the study show the application of mypelindo application at PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak BranchSurabaya was declared to be running effectively, with details of the percentage score ofthe first indicator of effectiveness, namely achieving a target of 84.6% in the category ofvery effective, the second indicator of adaptation ability of 82.6% effective category,indicators that third job satisfaction is 78.9% effective category and the fourth indicatoris the responsibility of 79.3% effective category. Keywords: Effectiveness, My Pelindo Application, Performance

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

PUBLIKA is available for free (open access) to all readers. The articles in PUBLIKA include developments and researches in Public Policy, Public Management, and Local Administration (theoretical studies, experiments, and its ...