Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia
Vol. 6 No. 1 (2022)

Stoichiometry E-Book Based on Creative Problem Solving (CPS) to Solve Conceptual Problems

Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Kurangnya bahan ajar yang dapat memunculkan ide penyelesaian masalah dapat menghambat kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book berbasis Creative Problem-Solving yang valid dan layak digunakan serta dapat menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan konseptual. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Research and Developmet (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, dimulai dari tahap analyze, design. develop, implement and evaluate. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan valid secara content validity dan face validity dalam aspek kesesuaian capaian pembelajaran dengan konsep atau isi materi, kebahasaaan, panduan, kemudahan penggunaan, kemenarikan tampilan, kejelasan petunjuk penggunaan, kejelasan materi, kejelasan gambar, kejelasana video, kemenarikan analogi, kejelasan contoh dan soal latihan, kejelasan langkah Creative Problem Solving serta terbukti dalam membantu mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan konseptual setelah diterapkannya e-book dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia is a scientific journal published by the Department of Chemistry Education of Ganesha University of Education. This journal aims to accommodate the articles of research results and results of community service in the field of education and learning. In the end this ...