Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 13, No 1 (2022): APRIL 2022

Penerapan LKS Berbasis PhET untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Arus Listrik Bolak Balik

Frans, Benedicta Utami (Unknown)
Wasis, Wasis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Miskonsepsi masih sering terjadi pada siswa khususnya pada pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan menerapkan LKS dengan menggunakan program simulasi PhET untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi arus bolak balik. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Responden penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu XII MIPA 1, XII MIPA 2, dan XII MIPA 6 dengan jumlah siswa pada masing masing kelas 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes awal sebelum pembelajaran dimulai dan tes setelah melakukan pembelajaran dengan instrumen tes berupa soal miskonsepsi four-tier. Teknik analisis penurunan miskonsepsi menggunakan uji T berpasangan dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan siswa yang mengalami peningkatan pemahaman konsep yang menyebabkan penurunan miskonsepsi untuk ketiga kelas adalah 0,7944; 0,6819; 0,8421 dengan kategori cenderung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis PhET dapat digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa.Kata kunci: miskonsepsi, arus listrik bolak balik, LKS berbasis PhET 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...