Salah satu fungsi dari terminal bus antar kota adalah sebagai tempat untuk menunggu. Namunpenumpang tidak menggunakan terminal sebagai fasilitas transit sehingga Seiring waktu terjadi penurunankualitas bangunan Terminal Makassar Metro, yang mengurangi kenyamanan penumpang baik ketika menunggukeberangkatan dari dalam dan luar kota Makaassar,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayananterminal sebagai tempat menunggu. Teknik analisis yang di gunakan adalah Costumer Saticfaction Index sertaIndeks pelayanan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumpang kurang puas dengan pelayananterminal sebagai tempat menunggu. Peningkatan pelayanan dapat dilakukan dengan meningkatkan kelenggkapanfasilitas, kenyamanan serta keandalan pelayanan.Sedangkan indicator yang perlu ditingkatkan yaitu Amansaat malam hari, Pelayanan complain, kebersihan Pihak keamanan Informasi papan petrunjuk situasi darurat,Perlengkapan situasi darurat , Informasi terbaru di monitor, Fasilitas atm.
Copyrights © 2022