Journal of Management Nursing
Vol. 1 No. 02 (2022): Journal of Management Nursing

Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Covid-19 Berdasarkan Metode ServQual

Sulamsih, Sri (Unknown)
Dwiyanto, Yusuf (Unknown)
Purnama, Agus (Unknown)
Pudjiastuti, Dyah Rima (Unknown)
Maladewi (Unknown)
Ramdan, Edi Yulia (Unknown)
Kristianingsih (Unknown)
Partini (Unknown)
Sari, Ratna (Unknown)
Jiwanti, Sari (Unknown)
Sukirah, Ukin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Latar belakang: Penyebaran Corona Virus Desease -19 (Covid-19) memberikan dampak langsung terhadap pelayanan fasilitas kesehatan. Upaya memperbanyak secara cepat fasilitas pelayanan kesehatan khususnya ruang perawatan isolasi untuk penanganan pasien Covid-19, akan membuat beberapa pelayanan kesehatan tidak berfokus pada kualitas dan kepuasan pasien yang sesuai dengan Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/MENKES/PER/III/2010. Untuk itu perlu dilakukannya evaluasi yang bertujuan agar upaya pemerintah dalam menyediakan secara cepat fasilitas kesehatan untuk perawatan pasien Covid-19 tidak menghilangkan kepuasan pasien untuk mendapatkan fasilitas kesehatan secara maksimal. Tujuan: Peneliti ingin mengetahui apakah dengan percepatan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19 tetap memperdulikan kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini merupakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan studi cross-sectional dengan menggunakan medote Service Quality (ServQual). Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan. Hasil: Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit  X di Jakarta, dari metode ServQual didapatkan nilai rata-rata gap 0.27, dimana dapat diartikan dengan menggunakan metode ServQual, pelayanan pasien Covid-19 dinyatakan memuaskan. Kesimpulan: Metode kuesioner ServQual menunjukan nilai rata-rata kenyataan lebih besar dari pada nilai rata-rata  harapan, sehingga pelayanan yang diberikan untuk pasien Covid-19 dinyatakan responden memuaskan. Pada hasil diagram kartesius didapatkan bahwa pesien pasien Covid-19 cukup puas dalam mendapatkan pelayanan yang ada di Rumah Sakit X di Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmn

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Journal Management of Nursing received a focus and scope article issued such as nursing problems in patients with heart disease, nursing interventions in patients with cardiovascular disorders, systematic reviews of therapies in cardiovascular disorders, or even other health professions other than ...