Jurnal Administrasi Publik
Vol. 3 No. 3 (2015)

Evaluasi Penerapan Electronic Government Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo)

Nurhidayati Suryaningsih (Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2015

Abstract

Abstract: The Evaluation over The Application of Electronic Government To Improve The Quality of Public Service (A Study at Service Office of Pajak Pratama Ponorogo). A policy regarding the registration and administration of a Taxpayer Identification Number via e-Registration is one of the problems faced at KPP Pratama Ponorogo. The background of this study appointed to see how the evaluation of policies and the provision of tax number registration via e-Registration applications are implemented by KPP Pratama Ponorogo to see the use of e-Registration applications that have not been able to run with the maximum because there are still some obstacles that occur in the process application services to the taxpayer. Although the actual implementation of e-Registration in KPP Pratama Ponorogo integrated enough and in accordance with regulations established by the Director General of Taxation. The purpose of this study was to describe and analyze policy and administration tax number registration via e-Registration applications to achieve the quality of public services, as well as enabling and inhibiting factors in the implementation. This study uses descriptive qualitative approach. Source of data used are primary data and secondary data. The methods of data analysis involve data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the research in the field shows that the application of the registration and administration of the taxpayer tax number by the application of e-registration as KPP Pratama Ponorogo effort to improve the quality of public services been incorporated, but has not reached the maximum level of success. It is caused by cultural factors, leadership and the state of the infrastructure of the taxpayer and the agency's services.   Keywords: evaluation, implementation of e-Registration, public service   Abstrak: Evaluasi Penerapan Electronic Government Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo). Kebijakan mengenai pendaftaran dan pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak melalui aplikasi e-Registration merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh KPP Pratama Ponorogo. Latar belakang penelitian ini diangkat yaitu untuk melihat bagaimana evaluasi dari kebijakan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration yang diterapkan oleh KPP Pratama Ponorogo dengan melihat proses penggunaan aplikasi e-Registration yang belum mampu berjalan dengan maksimal karena masih terdapat beberapa hambatan yang terjadi pada proses penerapan pelayanan kepada Wajib Pajak. Walaupun sebenarnya penerapan aplikasi e-Registration di KPP Pratama Ponorogo sudah cukup terintegrasi dan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Direktur Jenderal Pajak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration untuk mencapai kualitas pelayanan publik, serta faktor pendukung dan penghambat pada penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Motode analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil riset di lapangan menunjukkan bahwa penerapan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration sebagai upaya KPP Pratama Ponorogo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah terintegrasi, namun masih belum mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh faktor budaya, kepemimpinan, dan keadaan infrastruktur dari Wajib Pajak maupun dari instansi penyedia pelayanan.   Kata kunci: evaluasi, penerapan e-Registration, pelayanan publik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Publik (JAP) merupakan jurnal elektronik online yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah salah satu sarana untuk mewadahi kebutuhan peningkatkan kuantitas dan ...