Abstrak: Mahasiswa masih kesulitan dalam mengelola informasi baru dan menghubungkannya dengan materi yang telah diterima sebelumnya. Kondisi tersebut terlihat pada hasil belajar kognitif mahasiswa yang masih banyak dalam kategori cukup. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi review artikel ilmiah terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar mahasiswa serta menganalisis hubungan kedua variable tersebut. Sampel adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Endokrinologi dengan desain penelitian one shot case study. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yaitu 25,9% kategori sangat baik, 51,9% kategori baik dan 22,2% kategori cukup. Kesadaran metakognisi adalah 79,8% dengan kategori baik dimana nilai tertinggi pada pengetahuan kondisional. Hasil uji statistic multivariant annova adalah pembelajaran menggunakan review artikel ilmiah berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar kognitif dengan nilai korelasi 0,886. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif dan kesadaran metakognisi mahasiswa, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan review artikel ilmiah terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif serta terdapat korelasi yang positif antara kedua variable tersebut. metakognisi menekankan pemantauan dan tanggung jawab diri siswa, sehingga siswa dapat mengatur dirinya untuk merencanakan, memantau dan mengevaluasi tujuan pembelajarannya sehinggan dapat meningkatkan hasil belajar kognitifnyaKata- kata kunci: Kesadaran metakognisi; Hasil belajar kognitif; Review artikel ilmiah Abstract: Students still have difficulty managing new information and relating it to previously received material. This condition can be seen in the cognitive learning outcomes of students who are still in the sufficient category. The purpose of this study was to anlyze the effect of scientific article review strategies on metacognition awareness and student learning outcomes and the relationship between the two variables. The sample was students taking the Endocrinology course with a one-shot case study research design. The results of the study showed an increase in student cognitive learning outcomes, 25.9% very good category, 51.9% good category and 22.2% sufficient category. Metacognition awareness was 79.8% with the good category where the highest score was on conditional knowledge. The result of the Annova multivariant statistical test is that learning using scientific article reviews has an effect on metacognition awareness and cognitive learning outcomes of students. The results of the correlation test showed that there was a positive relationship between metacognition awareness and cognitive learning outcomes with a correlation value of 0.886. The results of the study as a whole are there is an increase in student cognitive learning outcomes and metacognition awareness, there is a significant effect of learning using scientific article reviews on metacognition awareness and cognitive learning outcomes and there is a positive correlation between the two variables. Metacognition emphasizes monitoring and self-responsibility of students, so that students can organize themselves to plan, monitor and evaluate their learning goals so that they can improve their cognitive learning outcomes.Keyword: Cognitive learning outcomes, Metacognition awareness, Scientific article reviews
Copyrights © 2020