Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul untuk meningkatkan litersi sains pada siswa. Metode penelitian ini adalah Research And Development (RD). Model dalam penelitian ini dengan menggunakan model ADDIE pada materi organ pernapasan hewan dan manusia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan dua analisis data diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar modul mendapatkan penilaian dari validator ahli materi dengan persentase 75%, penilaian dari validator ahli bahan ajar dengan persentase 86.3%, dan penilaian validasi guru adalah dengan persentase 84,7%. Sedangkan hasil penilain praktikalitas dari 5 guru adalah penilaian yang diberikan oleh S-1 dengan persentas 91,1%, lalu penilaian yang diberikan oleh S-2 dengan persentase 83,8%, selanjutnya penilaian yang diberikan oleh S-3 dengan persentase 88,2%, sedangkan penilaian yang diberikan oleh S-4 dengan persentase 82,3%, dan yang terakhir penilaian dari S-5 dengan persentase 83,8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul telah masuk dalam kriteria sangat layak atau sangat praktis dalam meningkatkan literasi sains pada peserta didik dengan persentase di antara 75%-100%.
Copyrights © 2021