Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5, No 1 (2018)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI BERBICARA DI KELAS VIII – F SMPN 3 KUNINGAN

Saehunah Saehunah (SMPN 3 Kuningan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar selama KBM, (2) meningkatkan keberanian siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia di berbagai kegiatan berbahasa, (3) meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, (4) meningkatkan keterampilan guru dalam menentukan pendekatan pembelajaran sehingga anak senang, aktif dalam berbicara selama kegiatan belajar, (5) untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi upaya bela Negara dikelas VIII - F SMPN 3 Kuningan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan dengan jumlah siswa 37 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi berbicara  dikelas VIII – I  SMPN 3 Kuningan. Hal ini ditunjukan oleh siklus ke – 1 diperoleh nilai rata – rata 74,81, dan ketuntasan belajar sebesar 62,16 %. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori berhasil. Pada siklus ke – 2 diperoleh nilai rata – rata 80,87 Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil, sedangkan ketuntasan belajar dicapai sebesar 84,78 % termasuk kategori sangat berhasil. Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe NHT, Pemahaman Konsep, Berbicara

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...