Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet pada pembeljaran IPS di sekolah dasar. Peneltian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ii menggunakan metode 4D dengan empat langkah yaitu 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) tahap develop (pengambangan) dan 4) tahap dissiminate (penyebaran). Penelitian in dilaksankana di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Cimanggung dengan subjek kelas IV SD yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian angket validasi dari ahli media, materi dan respon peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dinalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembnagan produk yaitu media kartu kuartet untuk pembelajaran IPS di SD ada materi keragaman budaya di Indonesia. Hasil validasi ahli media mendapat skor presentasi sebesar 95% dengan kategori “sangat layak. Hasil validasi ahli materi mendapat skor presentasi sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”. Dan hasil validasi dari respon peserta didik berdasarkan uji coba lapangan terbatas mendapatkan skor presentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Hal itu menunjukan bahwa media kartu kuartet sangat layak digunakan untuk media pembelajran IPS di sekolah dasar karena media tersebbut mudah digunakan oleh siswa, menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Kata kunci: media kartu kuartet, pembelajaran IPS
Copyrights © 2021