Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 48 SURABAYA

Indri Darlin (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nur Fathonah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kesukaran yang sering dihadapi peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang memuaskan dikarenakan pembelajaran yang membosankan dan cenderung monoton, siswa malas berpikir dan tidak memperhatikan materi yang dijelaskan oleh pendidik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat menjadi pandangan sebagai suatu kondisi yang memerlukan adanya inovasi baru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran . Model pembelajaran yang dapat melibatkan secara langsung siswa untuk lebih responsif, punya nalar tinggi, keuletan, perhatian dan motivasi. Supaya dapat memahami pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan maksud agar mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Dalam penelitian ini populasinya semua siswa kelas VIII SMPN 48 Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan rekomendasi guru pamong berdasarkan nilai rata-rata raport siswa. Ada dua kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas VIII-I sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test yaitu lembar post-test dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat uji-t kesamaan dua rataan. Sesuaui hasil pengujian rata-rata post-test hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 90,74 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 86,16 , terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Sesuai dengan hipotesis nilai t untuk kedua kelas yaitu thitung = 2,75 dan ttabel = 1,992. Hasil ini berakibat, thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,992 , dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing lebih tinggi dari pada hasil nilai matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...