Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 01 (2022): March 2022

Pengembangan Media Manipulatif Papan Lingkungan Statistika Berbasis Pendekatan STEM untuk Siswa SD

Eka Sulistyawati (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Nova Andini (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Asma Anvalul Mala (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Wismar Sekar Rahayu (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Nafi’ Rahmasari (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Penggunaan media manipulatif dan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) adalah salah satu upaya untuk menghubungkan beberapa bidang ilmu dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media manipulatif yang valid, praktis dan efektif sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi Pengumpulan dan Penyajian Data. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menerapkan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Data kualitatif dan kuantitatif hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi media dan materi, lembar kepraktisan dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran serta lembar soal. Hasil penelitian mengenai penggunaan media pembelajaran manipulatif yang dikembangkan memenuhi kategori layak dan dapat digunakan berdasarkan hasil validasi media dan materi dengan rata-rata presentase sebesar 88,75%, praktis dan efektif membantu siswa memahami konsep pada materi Pengumpulan dan Penyajian Data.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...