Educator : Directory of Elementary Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)

METODE OUTDOOR LEARNING DAN MINAT BELAJAR

Isra Manungki (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
M. Ramoend Manahung (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang (1) bagaimana konsep metode Outdoor Learning dalam pembelajaran, (2) bagaimana rancangan metode Outdoor Learning dalam proses pembelajaran IPA materi perkembangbiakan tumbuhan, dan (3) apakah penggunaan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi perkembangbiakan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data literatur. Hasil penelitian menunjukan: (1) konsep metode Outdoor Learning dalam pembelajaran terdiri dari beberapa lanhkah. (2) rancangan metode outdoor learning dalam proses pembelajaran IPA dimulai dari guru menyajikan materi dan memberikan informasi prosedur pelaksanaan praktek diluar kelas, kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan lapangan, dan (3) penggunaan metode outdoor learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Dari penelitian ini, guru dapat mengetahui bahwa semakin baik metode yang digunakan guru dan semakin kreatif guru memillih metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, maka minat belajar peserta didik akan meningkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educator

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo yang menerbitkan hasil-hasil studi dan penelitian dari berbagai aspek ...