Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada masa pandemi covid-19 di SDN 2 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Limboto sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika sebelum menggunakan media video pembelajaran matematika (pretest) adalah 51,60 berada pada kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan media video pembelajaran (posttest) adalah 79,80 berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, memperoleh hasil thitung > ttabel atau hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa peggunaan video berpengaruh terhadap pembelajaran matematika.
Copyrights © 2021