Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam mengatasi permasalahan putus sekolah pada anak usia dini dan bagaimana cara orang tua dalam mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan dengan kajian kepustakaan. Keluarga merupakan tempat awal anak mendapatkan pendidikan. Orang tua pemegang peran pertama dan utama bagi pendidikan untuk menunjang tumbuh kembang anak yang menentukan masa depannya. Orang tua juga berperan sebagai pencegah, penanggulangan dan pembinaan. Latar belakang adanya penelitian ini adalah meningkatnya angka putus sekolah mulai dari PAUD Berdasarkan hasil bacaan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa cara orang tua dalam mengatasi permasalahan putus sekolah pada anak adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dan juga mengajak anak berdiskusi secara dua arah, lalu memberikan motivator supaya anak mempunyai tekad yang kuat dalam menjalankan pendidikannya hingga jenjang yang tinggi. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022