Pengembangan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning dilatarbelakangi oleh tidak sesuainya LKPD yang digunakan dengan kriteria LKPD yang seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis CTL dilihat dari aspek isi, bahasa, dan desain oleh validator/guru, (2) Mengetahui kepraktisan LKPD berbasis CTL (3) Mengetahui efektivitas LKPD berbasis CTL pada materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: (1) Angket penilaian kelayakan LKPD oleh para validator dan guru bidang studi, (2) Angket respon LKPD oleh Peserta didik, (3) Tes hasil belajar. Temuan penelitian (1) hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 76.88% dengan kriteria layak. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase 67.40% dengan kriteria layak. Hasil validasi ahli desain memperoleh persentase 81.33% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi guru mata pelajaran memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil kepraktisan/respon pada uji perseorangan mencapai 81.25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan/respon pada uji kelompok kecil mencapai 87.5% dengan kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan/respon pada uji lapangan mencapai 92.5% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil efektivitas pada uji lapangan dengan memperoleh hasil ketuntasan 90% dengan kriteria sangat tinggi.
Copyrights © 2022